Pages

Sunday, December 21, 2014

5 Film Benyamin.S Terpopuler


Seniman betawi yang melegenda Almarhum Benyamin Suep memang tak ada duanya, karya-karya filmnya terus dikenang hingga kini dan sosoknya pun belum ada tandingannya. Berikut 5 Film Bang Ben yang terpopuler dimasanya.
1. Biang Kerok
Film yang dibintangi bersama Ida Royani ini dirilis pada tahun 1972 yang mengisahkan tentang Benyamin yang berperan sebagai "Pengky" yang selalu mengerjai majikannya "Johan" yang diperankan oleh A.Hamid Arif. Ada-ada saja ulah pengky ketika mengerjai orang dengan licik pengky menjual bensin mobil, berlagak jadi tuan besar dengan mobil tuanya ia merayu gadis-gadis cantik. Pengky selalu lolos dari ulahnya yang merugikan orang itu hingga akhirnya ketika kedua gadis cantik yang dikencaninya sama-sama datang kerumah majikannya mengaku sebagai rumahnya sendiri tamatlah riwayatnya sebagai supir.
2. Ratu Amplop
Lanjut ketahun 1974 dengan Film Ratu Amplop, lagi-lagi film ini dibintangi oleh Ida Royani dan Ratmi.B29. Film garapan sutradara Nawi.Ismail tersebut  menceritakan tentang Benyamin yang telah lama berpacaran dengan Ida, tetapi terpikat pada Ratmi yang berhasil meraih gelar "Ratu". Gelar itu diperoleh Ratmi karena telah menyuap juri untuk sebuah ajang kontes iklan biskuit. Masalah lain timbul karena kambing peliharaan Ayah Ratmi membuat kesal seorang janda tetangganya, untuk menyelesaikan masalah itu benyamin menjual kambing dengan harga murah dan komisinya digunakan untuk pacaran dengan ratmi.
3. Tarsan Kota
Yakni tarsan yang biasa hidup dihutan kini tinggal dikota, film ini mungkin diinspirasikan dari kisah tarsan versi hollywood. Film yang bermula ketika Ida Royani bersama ayahnya dan Kamdi berburu dihutan, saat berburu harimau Ida ditinggal sendirian dihutan. Saat gagal dan kembali ketenda ternyata Ida menghilang, ayah ida dan Kamdi berkesimpulan bahwa Ida telah dimakan harimau, padahal Ida ditolong oleh tarsan. Beberapa hari kemudian Ida kembali kekota dan mengajak tarsan turut serta, dikota tarsan tinggal dirumah ida belajar membaca dan menulis. Tarsan juga bergaul dengan anak-anak nakal tanpa sepengetahuan ida dan keluarganya. Akhirnya tarsan ditangkap polisi karena berkelahi.
4. Samson Betawi
Film yang dirilis pada tahun 1975 ini menceritakan tentang seorang pemuda betawi perkasa bernama "Samson" dengan kekuatannya yang diperoleh semenjak lahir. Tujuh belas tahun kemudian samson bertekad kekota untuk mencari pekerjaan, dikota ia bertemua dengan
Siti Dumileh yang diperankan oleh Yatmi Ardi secara tidak sengaja dan hampir saja ditabrak mobil. Kemudian ada seorang promotor.Gulat yang melihat kejadian itu dan akhirnya mengajak Samson berpatner dalam mengadakan pertunjukan yang menampilkan Samson sebagai orang kuat. Samson selalu berhasil dalam pertandingan gulat hingga popularitas Samson mencapai puncaknya, sementaran itu Samson menjalin hubungan erat dengan Dumileh tak disangka lawan gulat samson yang berikutnya adalah kakak dumileh, Dumileh diutus kakaknya untuk mengorek rahasia kekuatan Samson. Setelah dirayu Samson menceritakan tentang rahasia kekuatannya pada Dumileh, dan pada saat Samson tertidur Dumileh tidak menyianyiakan kesempatan itu untuk mencukur habis bulu ketiak Samson.
5. Setan Kuburan
Film yang dirilis pada tahun 1975 yang disutradarai oleh Daeng Haris ini menceritakan kisah tentang kepercayaan orang-orang tentang mayat yang jika kain kafannya yang tidak sempat dilepas akan menjelma menjadi hantu pocong. Dan ada tokoh Joyo Prono difilm ini perankan oleh Mansyur Syah  seorang Tuan tanah dan tukang Kridit yang saat hidup bersifat Tamak dan serakah.  Ia meninggal tertimpa pohon setelah itu muncul pocong yang mengganggu desa, Benyamin dan kawannya Mang Hari yang berhutang   kepada Joyo Prono berasa bersalah atas anjuran ibunya Salim yang diperankan oleh Benyamin sendiri, minta bantuan kepada Kakeknya akhirnya  Kakek  Salim dan beberapa penduduk desa mengepung pocong saat beraksi.
Itulah Kelima Film Benyamin Suep  yang terpopuler dimasannya.

No comments:

Post a Comment